UNIVERSITAS PATTIMURA

Hallo Guys Selamat Datang Di Blog Saya

Selasa, 01 Desember 2020

RPP SMP

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                  : SMP 
Mata Pelajaran    : Matematika
Kelas/Semester  : VII/Satu
Materi Pokok       : Bilangan
Alokasi Waktu     : 40 menit

1.       Kompetensi Inti
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

2.      Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.2 Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.2.1 Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2 Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bilangan bulat.
2.2.3 Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat.
2.2.4 Berani presentasi di depan kelas.
3.
3.5 Memahami bilangan bulat dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan).
3.5.1 Memberikan contoh bilangan bulat dalam soal cerita kehidupan.
3.5.2 Membandingkan bilangan bulat.
3.5.3 Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
3.5.4 Mengalikan dan membagi bilangan bulat
3.5.5 Kelipatan dan faktor bilangan bulat.
4.
4.1 Menggunakan bilangan bulat dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
4.1.1 Menggunakan bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah menjumlahkan dan mengurangkan.
4.1.2 Menggunakan bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah dengan mengalikan dan membagi.
4.1.3 Menggunakan bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah dengan kelipatan dan faktor.

3.      Tujuan Pembelajaran
KI 1 dan KI 2
Peserta didik:
1.       Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.      Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
3.      Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2.1 Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bilangan bulat yang ada.
2.2.3.1 Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat
2.2.4.1 Berani presentasi di depan kelas.

KI 3 dan KI 4
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik:
3.5.1.1 Dapat memberikan contoh bilangan bulat dalam soal cerita kehidupan
3.5.2.1 Dapat membandingkan bilangan bulat dengan bilangan yang lainnya.
3.5.3.1 Dapat menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan.
3.5.4.1 Dapat mengalikan dan membagi bilangan bulat, apabila diberikan nilai berapapun.
3.5.5.1 Dapat menentukan kelipatan dan faktor pada bilangan bulat.
4.1.1.1 Dapat menggunakan bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah menjumlan dan mengurangkan.
4.1.2.1 Dapat menggunakan bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah dengan mengalikan dan membagi.
4.1.3.1 Dapat menggunakan bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah dengan kelipatan dan faktor.


D. Materi Pembelajaran
1.       Membandingkan bilangan bulat.
2.      Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
3.      Mengalikan dan membagi bilangan bulat.
4.      Kelipatan dan faktor bilangan bulat.

5.      Metode Pembelajaran
Pendekatan saintifik.

5.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.       Media
Lembar Kerja Siswa (LKS)
2.      Alat dan bahan
Papan tulis, spidol, dan penghapus.
3.      Sumber belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (halaman 4 – 49).

5.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan Kesatu
1.       Pendahuluan (10 menit)
1.       Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
2.      Guru mengajak berdoa .
3.      Guru memperkenalkan diri kepada peserta didik.
3.      Guru memberikan waktu untuk bertanya mengenai perkenalan.
4.      Guru mengabsen peserta didik.
5.      Guru bertanya materi sebelumnya yang pernah diajarkan.
6.      Guru menuliskan judul materi yang akan disampaikan “Bilangan Bulat” di papan tulis.
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
8.   Guru menyiapkan peserta didik untuk berkonsentrasi dengan cara permainan konsentrasi.
9.      Guru memotivasi peserta didik dengan cara mengingatkan kembali tentang materi yang lalu yaitu pengertian bilangan bulat.
Pertanyaan guru:
Apkah pengertian bilangan bulat?
Jawaban yang diharapkan guru:
Bilangan bulat adalah kumpulan atau himpunan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif.

2.      Kegiatan Inti (20 menit)
1.       Mengamati
1.       Peserta didik mengamati bilangan-bilangan yang termasuk bilangan bulat yang telah dituliskan oleh guru di papan tulis.
2.      Menanya
1.       Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan bilangan bulat yang ada di papan tulis. Misalnya “Bilangan apa saja yang termasuk ke dalam bilangan bulat?”
2.      Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan bilangan bulat selanjutnya.Misalnya “Apakah dengan bilangan yang ada bisa digambarkan dengan garis bilangan?”
3.      Mencoba/Mengumpulkan data atau informasi
1.       Peserta didik secara berkelompok mencermati bilangan bulat yang ada di papan tulis.
2.      Peserta didik secara berkelompok mencoba memahami bilangan mana saja yang termasuk bilangan bulat.
4.      Menalar/Menganalisa data atau informasi
1.       Peserta didik menyimpulkan bilangan-bilangan yang termasuk ke dalam bilangan bulat.
2.      Peserta didik menggambarkan ke dalam garis bilangan.
3.      Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan latihan soal yang ada di papan tulis.
5.      Mengkomunikasikan
1.       Salah satu peserta didik menjawab soal di depan kelas.
2.      Setelah menjawab soal, peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/pekerjaan dengan kelompoknya.
3.      Peserta didik lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan. Meliputi: bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
4.      Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.
6.      Mencipta
1.       Peserta didik menggambarkan garis bilangan yang merepresentasikan bilangan bulat.

3.      Penutup (10 menit)
1.       Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai bilangan bulat.
2.      Guru mengkonfirmasi dnegan pertanyaan:
Apa yang kalian pelajari hari ini?
Jawaban yang diharapkan guru:
Bilangan bulat
3.      Guru menyampaikan bahwa pada pertemuan berikutnya akan dibahas tentang menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
4.      Guru mengajak peserta didik mengucapkan hamdalah bersama-sama.
5.      Guru mengucapkan salam dan meninggalkan kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silabus SMA

  SILABUS SMA/MA Mata Pelajaran      : Matematika Peminatan MIPA Kelas                       : XII Kompetensi Inti KI 1     :  Menghayati da...